Thursday, April 25, 2013

Bunga Jepun, Frangipani, Kamboja Indonesia


Bungan Jepun, begitu orang Bali menyebut bunga frangipani atau bunga kamboja ini. Bunga yang indah, eksotis dan banyak sekali ditemui di Indonesia ini memang kecantikannya luar biasa.
Bunga jepun yang disusun diatas cake ini saya buat dari gumpaste, dengan teknik pembuatan kelopaknya menggunakan cetakan leave cutter Wilton yang serupa dengan daunnya, namun teknik merangkai dalam sekuntum bunga membuat lekukan bunga menjadi tampak alami. Finishing pada bunga yaitu dengan memberikan efek di bagian tengah putik dalam nuansa warna golden yellow.

Cake ini berukuran diameter 20cm, ditutup dengan fondant warna light lime green, kemudian saya beri border bawah bermotif ukiran untuk kesan Bali yang sangat saya suka. Ukiran pada border kemudian saya kuas dengan lustre bronze efek solid. Sebagai pembatas antara border bawah dengan cakenya, saya memberikan rangkaian mutiara dalam warna baby pink dan lime green. Terakhir keseluruhan cake aya pulas dengan lustre white pearl efek shimmer.

Sebagai aksen saya memasang satu bunga jepun warna putih di border bawah cake sehingga terlihat alami dengan perpaduan hitam bronze dan hijau daunnya.

Sebagai topper pada cupcake pun, bunga ini tidak kalah cantik. Pada cupcake ini, saya pertemukan bunga jepun warna soft pink dengan alas penutup cupcake warna hijau pupus/lime green kuat.

Dengan bentuk cutter berbeda (sedikit lebih bulat) bunga jepun ini juga tetap tampil cantik, gambar diatas ini adalah sekumpulan sugar jepun pesanan mbak Reni di Bali untuk pesta pernikahan sang adik yang berthema frangipani.

Ingin mempelajari cara pembuatannya? Bunga Frangipani ini adalah salah satu sugar flower yang menjadi materi pada kelas Wilton #3. Bila berminat bisa mengikuti kelas Wilton #3 bersama saya di tanggal 20-23 Mei 2013 ini, atau untuk lebih lengkapnya bisa dilihat jadwalnya di sini  

Salam,