Wednesday, February 7, 2007

experiment this week : mozaic cake

beberapa waktu lalu aku baca email Liana tentang piping jel sebagai bahan decor cake, wah jadi pengen bikin juga, sayangnya aku ngga punya bahan tsb, mau beli..waa...kemanaaa.., jakarta sedang banjir begini? rasa penasaran menggebu di dada [eh emang apaan], pokoknya kudu bikin sesuatu yang unik.
inspirasi awal cake ini datang dari tukang kaca hias, motif mozaiknya itu loh..aduuh...bagus2 banget, gemes pengen bikin diatas cake. kebetulan di rumah ada bahan jelly untuk menyiram buah diatas cake [supaya mengkilat] yang belum pernah aku pakai.
prosesnya penuh trial & error karena hanya mewujudkan imaginasi tanpa didukung teori yang memadai, but, finally aku menggunakan teknik sbb :
1. siapkan cake [disini aku menggunakan 3 layer browkus dilapis ganache].
2. tutup dengan buttercream putih.
3. siapkan buttercream coklat [terbuat dari buttercream dan dcc dengan perbandingan 1 : 1]
4. buat motif diatas cake dengan buttercream coklat, disini aku membuat motif segitiga.
5. setelah itu siapkan jelly, masak sesuai aturan dalam kemasan.
6. ambil 3-4 sdm, beri pewarna [1 macam dulu], lalu tuang ke dalam segitiga2 yang telah terbentuk dengan menggunakan sendok secara acak.
7. lakukan hal diatas untuk warna2 lainnya [disini aku menggunakan 7 warna : pink, kuning, biru, orange, merah, ungu, hijau].
8. bila jelly telah beku, panaskan dulu sebentar hanya untuk sampai mencair saja.
9. rapikan bordernya dengan menggunakan buttercream coklat.
ahh..alhamdulillah, jadilah mozaikku! tadinya pengen tengahnya dibuat motif bunga atau kupu atau apa aja deh...huaa...ternyata syusyah, ok, next insya Allah kucoba lagi, keep spirit deh [hee... nyemangatin diri sendiri].

note.
makasih pada mbak dati [teman kantorku] yang merelakan pesanannya ini kujadikan 'eksperimen' [gambling banget deh, padahal pesanan ini khusus untuk ultah ke-71 eyang kakung].
ok, jangan kapok ya mbak..^_^