Monday, September 8, 2008

macaroni birthday cake

untuk suami tercinta mbak lina yang ga terlalu suka kue manis2, aku tawarkan macaroni brood ini sebagai pengganti birthday cakenya, dan mbak lina setuju untuk mencobanya. aku membuatnya 2 susun, berukuran 16cm untuk bagian atas, dan berukuran 20cm untuk bagian bawah. sebagai hiasannya, aku membuat mawar dari buah tomat dengan dedaunannya dari peterseli. untuk border, aku menggunakan pure kentang yang dispuit mengelilingi macaroni si 'birthday cake'.

resepnya aku dapat dari buku catatan resep milik ibuku, judulnya macaroni brood. ini adalah resep favorit kami semua sekeluarga, sejak kecil aku sudah terbiasa membuatnya, bahkan kakakku yang cowo' pun piawai mengolahnya sendiri ^_^

ingin tahu resepnya? ini dia aku kutip dari catatan aslinya :

Macaroni Brood
-dari buku catatan resep ibuku-

bahan :
1 buah roti tawar tanpa kulit
1/4 kg daging giling
1 gelas susu evaporated
1/4 kg keju parut
200 gr macaroni, rebus & tiriskan
4 sdm mentega untuk menumis
1 ons bawang merah dirajang
merica, pala dihaluskan, secukupnya
garam, gula secukupnya
2 butir telur ayam dikocok

cara membuat :
1. roti direndam dengan susu evaporated
2. bawang merah ditumis, tambahkan bumbu halus sampai harum
3. masukkan daging giling
4. setelah daging matang, angkat, tambahkan roti tawar, keju parut, telur yang sudah dikocok, terakhir macaroni.
5. aduk sampai rata, masukkan ke dalam wonder pan besar, oven.
6. setelah masak dan dingin baru dapat diiris, hidangkan di piring kecil, hias dengan daun peterseli.

selamat mencoba.